Minggu, 16 September 2007

Implementasi pengintegrasian TIK dalam KBM pada mata diklat Akuntansi Perbankan

Implementasi pengintegrasian TIK dalam KBM pada mata diklat Akuntansi Perbankan
Pengintegrasian TIK dalam Beberapa Improvisasi KBM (1)

Sebelumnya saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada :
1. Pak Gatot, yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk berinovasi dan berkembang khususnya dibidang IT. Mulai dari saat menjadi Direktur Dikmenjur sampai sekarang sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri
2. Pak Ruddy (sekarang Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kota Surabaya) yang pada saat menjadi Kepala SMK Negeri Surabaya telah memberi banyak kesempatan untuk memenuhi keinginan kami untuk maju.
3. Pak Moedianto, Kepala SMK Negeri 1 yang sekarang juga memberikan banyak kepercayaan kepada kami, sehingga kami menjalankan tugas dengan senang.
4. Komite Sekolah dan seluruh keluarga besar SMK Negeri 1 Surabaya yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Ijinkan saya menulis di milis ini tentang beberapa pengalaman sebagai seorang guru, ini karena dorongan hati dan pesan guru saya bahwa menceritakan pengalaman adalah salah satu bentuk amal info kepada sesama ....:) mohon maaf jika kurang berkenan.

Sebelum membahas beberapa cara untuk mengintegrasikan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ke dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saya hanya membatasi pengertian teknologi sebagai salah satu sarana pembelajaran, diantaranya :

1. Teknologi merupakan suatu alat yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar di kelas.
2. Para instruktur (guru) dan peserta didik (siswa) dapat memilih teknologi yang cocok untuk membuat, mengambil dan menganalisa informasi setiap saat, dengan harapan nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang profesional.
3. Para instruktur dapat memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai sarana untuk berimprovisasi dan berinovasi dalam melaksanakan tugasnya.

Pemanfaatan komputer dan sarana prasarana TIK secara efektif di sebuah Lembaga Pendidikan tergantung dari beberapa faktor al :
1. SDM sebagai pengelola kegiatan belajar mengajar
2. Sarpras TIK yang tersedia (kualitas dan kuantitas)
3. Kebijakan Manajemen sebagai pendukung utama
4. Metode Pembelajaran yang dipakai

Banyak cara, ini hanya merupakan salah satu contoh dari implementasi pengintegrasian TIK dalam KBM pada mata diklat Akuntansi Perbankan (produktif pada program keahlian Akuntansi) dapat disinergikan dengan memadukan minimal 3 disiplin ilmu diantaranya :
1. Akuntansi
2. Manajemen Perbankan
3. Komputer

Dalam melaksanakan KBM ada beberapa tuntutan yang tersirat dalam implementasinya, agar peserta didik mencapai kompetensi yang diinginkan yaitu :
1. Mampu mengidentifikasi pekerjaan pada bidang perbankan
2. Mampu bermain peran (sebagai Manager, Supervisor, Customer Service, Operator, Nasabah dll)
3. Mengetahui tentang siklus akuntansi umum dan akuntansi perbankan.
4. Mampu membuat laporan sebagai akhir transaksi harian dan sekaligus sebagai awal transaksi hari berikutnya. dll

Untuk itu membutuhkan 3 tahap praktek atau minimal poin 1 dan 3 yaitu :
1. Praktek simulasi di kelas dengan bermain peran
2. Praktek di laboratorium komputer yang sudah terinstall program aplikasi akuntansi perbankan secara online atau program komputer Akuntansi secara off line sesuai role play dan peran masing-masing
3. Praktek langsung ke Bank Mini Sekolah yang merupakan bagian dari Unit Produksi Sekolah dengan transaksi riel yang dilengkapai dengan 3 program aplikasi perbankan (program tabungan – untuk melayani nasabah dengan sistem perbankan pada umumnya, program administrasi sekolah – untuk melayani pembayaran sekolah dan kegiatan administrasi lainnya dan program akuntansi – untuk membuat laporan harian, bulanan dan tahunan) atau praktek di Bank umum pada saat Praktek Kerja Industri.

Kesimpulan :
1. Proses KBM berjalan secara terpadu antara teori dan praktek
2. Siswa mengerjakan tugas dan menghadapi masalah yang nyata maka akan muncul suatu pengalaman baru bagi mereka.
3. Menambah keuntungan bagi Unit Produksi Sekolah
4. Menambah kesejahteraan para pengelola
5. Menciptakan jiwa kewirausahaan dan kemandirian yang tinggi.

Demikian salah satu pengalaman dalam improvisasi, alangkah menyenangkan jika ada yang berbagi pengalaman ...:)

1 komentar:

Muhammad Syauqi Haris mengatakan...

Wah info yang sangat bermanfaat.
untuk Diklat Komputer Akuntansi bisa merujuk ke website berikut radiansystem.com