Minggu, 16 September 2007

Belajar dalam Mobile Training Unit (MTU)

Pengintegrasian TIK dalam Beberapa Improvisasi KBM (5)

Merupakan suatu pengalaman yang mengasikkan belajar bersama anak-anak, guru dan atau pegawai dalam sebuah bis. Disini kami ceritakan bahwa untuk pembelajaran dengan MTU di Kota Surabaya. Ada beberapa kendala yang kami alami, juga beberapa solusi yang pernah kami lakukan, dan kami tetap mencoba keliling atau stand by di SMKN 1 Surabaya , kadang-kadang di Dinas Pendidikan Kota atauPemkot Kota Surabaya.

Kendala dan solusi tersebut diantaranya :
Kendala :
1. Banyak sekolah yang tidak bersedia untuk mengeluarkan biaya operasional secara mandiri, dengan berbagai alasan.
2. Banyak sekolah yang tidak terjangkau, sehingga bis tidak bisa masuk ke lokasi/halaman
3. Sekolah-sekolah yang kecil keberatan jika harus mengambil listrik, karena kecilnya daya yang dimiliki sekolah ybs.

Solusi :
1. Salah satu solusinya adalah mengajukan biaya tersebut ke pemkot, alhamdulillah dapat walau 1 tahun sekali sesuai anggaran yang pelaksanaannya secara bergilir.
2. Kami menawarkan untuk menjemput siswa untuk dibawa ke SMKN 1 Surabaya (antar jemput)
3. Bantuan MTU ke 2 dilengkapi dengan Genset yang cukup, sehingga dapat berbagi beban listrik dengan sekolah yang dikunjungi
4. Kadang Dinas Pendidikan Kota Surabaya sharing dengan dinas-dinas lain untuk melatih karyawan-karyawannya.

Kesan dari beberapa sekolah, cukup mengasikkan belajar dalam bis .... Bagaimana pengalaman teman-teman ? Pak Hari Anggono dari Lampung mungkin punya pengalaman lebih ...:) Yang jelas banyak suka dukanya ....

Sebenarnya belajar dengan MTU dapat berkembang lebih dari yang tersebut diatas, tetapi kadang kendala birokrasi dan keterbatasan SDM yang menangani merupakan hal-hal yang dapat menghambat. Karena belum ada aturan tentang bagaimana jika operasional MTU tersebut diperkenankan kerjasama dengan pihak lain, baik negeri maupun swasta, karena kita tidak bisa menyewakan MTU tersebut kepada beberapa pihak, padahal banyak yang menanyakan bagaimana prosedur peminjaman MTU ....? Dan terpaksa kami jawab, tidak berani ... kecuali ada ijin.

Tidak ada komentar: