Minggu, 16 September 2007

Bagaimana dengan hasil prestasi siswa?

Pengintegrasian TIK dalam Beberapa Improvisasi KBM (4)

Beberapa catatan dan pengamatan berdasarkan hasil prestasi siswa, mulai dari proses sampai dengan nilai akhir baik nilai sikap, pengetahuan maupun ketrampilan tentang perubahan cara belajar mengajar dengan beberapa metode PBL dan lainnya, terutama dengan mengintegrasikan TIK dalam KBM dapat memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi siswa maupun guru untuk ber-kreasi dan ber-inovasi lebih, dengan harapan dapat membuka wacana dan cakrawala baru bagi perbaikan sistem pendidikan.

Beberapa catatan pentingnya pengalaman di atas teori antara lain :
1. Ketika para peserta didik belajar untuk dapat berpikir, mengerjakan tugas dan menghadapi masalah yang nyata maka akan muncul suatu pengalaman baru bagi mereka.
2. Pendekatan langsung untuk belajar dengan dunia nyata dapat membantu para peserta didik mencapai tujuan.
3. Keikutsertaan peserta didik secara aktip dan langsung dalam memecahkan masalah, membuat mereka menjadi kritis dan dapat menemukan relevansi antara peristiwa yang satu dengan lainnya. Ini adalah sebagai dasar kepemimpinan dan untuk membangun jati diri mereka.
4. Proses inilah yang dikatakan sebagai usaha untuk mengubah suasana belajar mengajar ke dalam lingkungan student-centered.
5. Siswa belajar berfikir dengan imajinasi yang ada dapat membuat siswa dan guru lebih kreatif, sehingga tidak lagi belajar menghafal tetapi belajar untuk mengerti, memahami, berfikir dan ber inovasi.

Mungkin pendapat ini salah, mohon beri masukan untuk perbaikan sistem yang telah kami pakai.

1 komentar:

gatothp2000 mengatakan...

memang hal baru harus di evaluasi terus menerus..dan dibandingkan dgn yg tidak memakai multimedia..
kembangkan terus bu endah ..hal ini akan menringankan tugas guru dalam mengajar...