Jumat, 05 April 2013

ABSTRAK : PENINGKATAN PRESTASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

Disusun oleh :
Dra. Martina Endah Setyaningsih, MT


ABSTRAK


Berbagai cara untuk meningkatkan mutu pendidikan oleh SMK Negeri 1 Surabaya, diantaranya melalui system pembelajaran berbasis TIK, baik secara online maupun offline. Untuk itu dilakukan banyak cara sebagai implementasi agar tercapai tujuan yaitu : (1) Project Based Learning (PBL ) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat, (2) Try Out dengan Sistem SEACYBERCLASS merupakan sebuah terobosan untuk menggantikan sistem ujian bersama yang konvensional, dengan tidak mengubah inti dari ujian bersama, sistem ini menawarkan tingkat efisiensi yang tinggi dan pemanfaatan teknologi secara menyeluruh, dan (3) Pengembangan Bahan Ajar (Teaching and Learning Material) serta Pengembangan Kurikulum dan Sistem Penilaian (Curriculum and Assessment), sehingga sebagai salah satu implementasinya diperlukan inovasi dalam E – Learning, yang sistemnya terintegrasi dengan web sekolah.


Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Peningkatan Prestasi Siswa Melalui Pembelajaran berbasis TIK di SMK Negeri 1 Surabaya pada kelas XII MM 2 dan MM 3 tahun pelajaran 2011/2012 sebagai subjek penelitian dan objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Dari hasil analisa ANOVA dan regresi didapatkan kesimpulan sebagai berikut : Nilai UNAS dan nilai rapor sudah sesuai dengan model regresi yang digunakan, yaitu Y = 8,403 + 0,048 X1 – 0,082 X2 + 0,001 X3. Model yang digunakan (nilai UNAS dan nilai rapor) berpengaruh terhadap nilai uji kompetensi sebesar 99,72% sehingga ada 0,28% variabel lain yang mempengaruhi nilai uji kompetensi. Faktor yang mempengaruhi nilai uji kompetensi tinggi adalah siswa dengan nilai UNAS baik dan nilai rapor lebih dari 7.


Kata Kunci : Project Based Learning, try out online, E – Learning

1 komentar:

Unknown mengatakan...

pembelajaran berbasis TIK yang di kembangkan oleh SMK negeri 1 memiliki dampak yang positif khususnya bagi para siswa dan siswi dalam proses pembelajaran, karena dengan adanya teknologi berkembang yang semakin canggih para siswa pun harus bisa mengembangkan teknologi juga dengan ilmu yang sudah di ajarkan oleh para guru agar bisa berprestasi di sekolah.